D'Seuhah Da Lada Restorant

RM. d'Seuhah Da Lada dibangun sebagai wujud bakti dan kecintaan kami akam kelestarian masakan warisan leluhur yang kaya dan eksotis.

Semua hidangan yang tersaji di RM. d'Seuhah Da Lada merupakan upaya kami untuk menjaga dan melestarikan cita rasa masakan leluhur kami sekaligus sebagai wahana berbagai kenikmatan dan kebahagiaan dengan Anda dalam balutan asrinya panorama Lembang.

D’SDL berdiri pada akhir tahun 2009, akan tetapi proses peresmiannya dilakukan pada tanggal 1 januari 2010. Sepintas dilihat dari namanya D’SDL atau D’Seuhah Da Lada seperti nama sebuah restoran Eropa, hal tersebut dilihat dari kata D’ yang lebih menunjukkan seperti bahasa Eropa. Sesungguhnya kata Seuhah Da Lada adalah kata-kata yang berasal dari bahasa Sunda yang diilhami oleh cerita Parahyangan, yaitu ketika Sakadang Monyet dan Sakadang Kuya (kura-kura) memakan buah cabe di kebun petani. Ketika mereka berdua merasa kepedasan karena memakan cabe, akhirnya keluarlah ucapan Seuhah Lada-lada, Seuhah Lada-lada…. Dimana dalam cerita anak-anak di Parahiyangan tentang Sakadang Monyet dan Sakadang Kuya diceritakan sebagai berikut:

(Sakadang Kuya mani seuhah-seuhah bae ladaeun. Kitu deui jeung Sakadang Monyet. Keur Kitu, aya gorowok teh Sakadang Monyet ngagorowok “Seuhah Lala-lata!” Maksud namah “Seuhah Lada-Lada”.)

Orang sunda sangat suka makan lalapan dengan sambelnya yang terkenal pedas. Ketika makan makanan sambel itulah mereka sering mengeluarkan suara-suara “seuhah…” alias hah…hah…hah, karena kepedasan. Akan tetapi disitulah kenikmatan yang dicapai ketika menyantap semua makanan yang dihidangkan.

D' Seuhah da Lada - PHRI Bandung Barat

Untuk itulah kami mengundang anda, termasuk bukan orang Sunda, karena kami yakin makanan pedas juga sangat disukai hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu, restoran kami menyajikan makanan karuhun (nenek moyang) seperti sayur kacang merah, cabe gendot dan sambel goreng yang ketika Anda makan pasti akan mengeluarkan suara seuhah karena kepedasan.

Aneka makanan pedas lainnya yang merupakan andalan restoran kami adalah Ayam Ngumpet D’SDL (Sajian special ayam kampung dengan racikan bumbu tradisional yang menjadi salah satu icon di RM. D’SDL), Sate Goreng D’SDL (makanan yang sudah ditayangkan di berbagai stasiun televisi sebagai bagian dari wisata kuliner nusantara), Gurame Goreng, dan Ayam Goreng D’SDL yang selain renyah juga terasa pedasnya. Aneka makanan karuhun lainnya juga kami siapkan seperti : sayur Asem, Karedok, Pencok Leunca, Ulukutek, Semur Jengkol, dan Picung serta aneka makanan lainnya yang merupakan makanan khas Sunda. Aneka minuman seperti Bandrek, Bajigur, serta Jus terapi khas D’SDL seperti Hariring Kuring, Mega Lembang, dan Tepang Sono yang merupakan bagian dimana tidak dapat dipisahkan dari sajian kami.

Kami menunggu Anda, peminat wisata kuliner di tempat kami yang memiliki moto “Enjoy The Authentic Sundanese Cuisine !!!”. Kami yakin, ketika Anda menikmati makanan khas karuhun Sunda yang disajikan D’SDL, selain harga makanannya terjangkau Anda juga dapat menikmati pemandangan yang pasti membuat Anda ketagihan.

Jl. Raya lembang No. 121 - Lembang, Bandung, Indonesia 40391 (022) 2786325

website : http://www.dseuhahdalada.com/